Monday, November 17, 2014

Nasi Tim Ayam (versi praktis)


Hari ini saya lagi lemes, gak tau tiba2 gak ada tenaga...walo masih maksain ini itu tapi ada jg yang kelewat. Masakin makan siangnya Nonik...pdhal uda jm 12, sudah masuk waktu makan siang...jadi makin pusiang mikir musti masakin apa.
Mana si plincess satu ini lagi males makan, sayur kuah ogah, ini emoh, itu gak mau..
Maunya teluuuurrr horeng teyuuuss...
Tiba2 kepikiran nasi tim jaman dilla masih blm bisa makan nasi, kan semua sayurannya dicampur tuh, jd praktis. Tapi dipikir2 lagi koq kasian gak ada rasanya.
Jadi ide saya buat siang ini saya buat nasi ayam Tim aja buat Nonik. Tapi yang ini versi praktis, gak pake beras tp langsung nasi..

Saya ambil sepotong ayam bagian dada dicincang kasar.
Daun bayam dan wortel cincang kasar juga, sisihkan.

Bumbunya, bawang putih, bawang bombay dicincang halus
Garam, gula, merica seiprit, kecap manis, daun salam
Di resep dewasa ada minyak wijen, tp saya skip soalnya baunya tajam, Nonik gak suka.
Olive oil atau mentega untuk menumis, kali ini saya pakai mentega, cuma gara2 malas ambil olive oil dikulkas, masih lemes hihhi **alasan
Klo buat dewasa bisa ditambah cabe atau paprika,,pasti lebih nikmat.
Diresep biasanya jg pakai jamur merang. Krn gak ada, ini jg saya skip




Caranya, tumis semua bumbu sampai harum masukkan ayam cincang dan daun salam tambah sedikit air dan kecap..lalu bumbui ..
Tunggu sampai bumbu meresap ke ayam dan air mulai berkurang.
Angkat, lalu tata di mangkuk kecil berurutan.
1. Ayam beserta kuahnya **kuahnya sedikit ya,sisakan buat siram .. klo punya saya kuahnya kurang kadi difoto kelihatan kering ayamnya.
2. Sayuran, boleh sayuran apa aja..tapi sebaiknya cicincang dulu. Klo potong terlalu besar nanti tidak menempel sempurna saat dibalik di piring.
3. Nasi, usahakan nasi yang baru matang. Jadi lebih mudah di bentuk dengan sedikit ditekan
4. Saya tambahkan potongan bawang bombay, dan sisa daun salam utk menumis ayam tadi. Cukup diletakkan di atas nasinya saja hanya untuk menambah harum.
5. Kukus kurang lebih 25menit.
6. Setelah matang, balikkan dipiring dan sajikan hangat..



*foto tampak dari dalam* Alhamdulillah Nonik suka, sebetulnya dia lebih tertarik karena bentuknya beda dari penampilan makanannya biasanya..
Dari seporsi kecil itu sisa 2 sendok, dan potongan ayam yang terlalu besar jadi bagian bunda buat menghabiskan hohohoho...

Klo ini punya penampakan punya ayah,,,