Friday, November 7, 2014

P E M P E K K A K A P




Naaaah...ini nih yg jadi bintangnya .. resep of the year..malahan resep of 3 years hahaha
Gegaranya, niatnya tiap pindah tempat, saya harus dapat bekal ilmu masakan khas daerah yg saya tempati.
Di jambi, pilihan saya salah satunya adalah pempek, inspirasinya pas sy kuliahpernah jualan pempek dipameran selama sebulan. Dan laris manis, seingat saya..berawal dari itu pempek mulai dikenal dan populer di kota malang.
Tapiiii...menaklukkan masakan satu ini....hmmmm butuh 3th..
Kenapa lamaaaa...??
Tahun pertama saya belajar dr majalah resep yg saya punya,,hasilnya...kerasss wkwkw
Tahun kedua, sy sibuk sama nonik yg masih bayi, jdnya acara memasak dan ngeblog jd nomor sekian yg paling buncit.
Dan tahubketiga, yaitu sekarang...saya sdh coba bikin 2x berdasarkan browsing dan nanya by bbm n facebook sm kawan yg ahli..walhasil cm bs bikin adaan dan lenjer yg bentuknya aduhai..salah..maksudnya..aduuuh hahaha..
Ini contohnya :

*kata temen saya, pempek saya ini lebih mirip bakso hahah, anggapbkritik membangun dan berusaha lagi buat yg lebih bagus*

Pempek favorit saya dan suami namnya Pempek Sumsel, rasanya gurih, rwnyah diluar dan empuk didalam..
Sudah seperti obsesi tersendiri buat saya utk BISA membuat pempek heheh *ngeyel*
Daaaaan...berhubung istrinya kawan suami ada yg jualan pempek *Namanya Bu Dafrian* dan dia notabene orang palembang, jadilah minta kursus singkat membuat pempek dan membentuknya jd (lebih) menarik dan indah..
Yg ternyata oh ternyata, yg saya baca dr majalah dan info dr kawan sebelumnya...hmmm bukan salah sih..cm belum tepat aja hehehe
Yg satunya kebanyakan air, krn dia bilang perbandingan air dan ikan giling adalah  1:1 ..ehh..malah si adonan g mau dibentuk sm sekali..
Yg kedua...kurang tepung..niatnya sih biar banyak ikannya daripada tepung, kan kesannya homemade bingiits hihihi...#tetepsalah

Akhirnya...setelah berguru pada ahlinya..dan dapat resep ini,,,lumayanlah..bisa dipamerin tanpa malu2 hihihi


Resepnya :
?1kg ikan giling, saya pakai kakap..bisa diganti tengiri atau ikan gabus, dimix jg bisa klo tengiri mahal
?Tepung sagu 1 kg, dgn perhitungan.. 700gr utk dicampur dalam adonan, dan sisanya utk melapisi tangan saat membentuk adonan
? telur 1 butir
? garam kurleb 1,5sdm utk 1kg ikan, ato sesuai selera
? Gula 2sdm
? Air secukupnya, tp kmrn coba ngukur kurleb 150-200ml aja,,tetep g bisa ngasi kepastian tergantu kondisi ikannya
? Bawang putih 1 bonggol utuh, dihaluskan

Utk pempek kapal selam, bahan ditambahkan 2 btr telur dikocok lepas

Bahan Cuko
1 Batok Gula Kelapa
1 Genggam Cabe rawit
2 plastik kecil asam jawa, kurleb ukuran telunjuk
Garam

CARA PEMBUATAN
Siapkan Air lalu rebus sampai mendidih, tambahkan sedikit minyak agar adonan tidak lengket.
1. Campur Ikan dengan telur *optional*, garam dan gula sampai rata sambil dimasukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan mengental, jgn terlalu lembek
2. Masukkan 700gr tepung sagu sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur dan bisa dibentuk, bukan kalis lho ya.masih agak basah
3. Ambil kurang lebih 5sdm letakkan di tempat berbeda, taburi sedikit sagu diatasnya agar tidak lengket saat diambil, lalu ambil satu genggam atau lebih, besarnya sesuai selera. Bentuk lonjong menjadi lenjer. Begitu seterusnya..
4. Untuk kapal selam kecil, ambil adonan lalu kepal2, masukkan ibu jari ke adonan. Dan membentuk lubang yg dalam, bukan lebar..lalu masukkan 2sdm telur yg sdh dikocok lepas. Dan rekatkan ujungnya..
5. Setiap selesai membentuk, lgsg masukkan ke dalam rebusan air, bila sudah mengambang dirasa matang, angkat lalu dinginkan.
Siap utk digoreng atau bisa disimpan didalam kulkas

Cara pembuatan Cuko
1. Haluskan bawang putih dan cabe, masukkan dalam 1 panci.
2. Rebus semua bahan, sampai semua bumbu meresap dan menyatu.
3. Saring, dan buang ampasnya

Penyajiannya, pempek tinggal digoreng, lalu disiram cuka dan bisa ditambahkan mentimun...

Btw, bikin pempek ini gampang2 susah. Tmn saya yg ngajarin saya itu butuh 1tahun utk bs konsisten hasilnya...

Well tp semua terhantung tangan masing2 ya...

Good luck buat yg mau coba..