Saturday, November 15, 2014

Sate Kerang Pedas





#Latepost
Kenapa latepost? Ya..ini memang foto lama, sekitar 3 th yang lalu sebelum hamil Nonik. Tapi cm jadi penghuni laptop karena setelah tau hamil, mood saya utk menulis entah hilang dan lari kemana.
Akhirnya setelah uprek2 laptop nemu byak foto2 masakan lawas yg belum sempat ditulis dan kepending cukup lama. Semoga saya masih ingat resepnya juga hahaha
Klo sate kerang ini sih resepnya simple...inspirasinya datang dari penjual sate kerang di dalam kereta klo saya dan keluarga mudik ke surabaya waktu saya masih kecil..
Harganya 100rp entah dapat berapa tusuk, aromanya khas rasanya manis pedas.
Pas saya sudah kerja di tulungagung hampir tiap minggu selalu naik kereta utk PP ke malang dan sudah tidak ada lagi yg lalu lalang jual sate ini..

Bahan2nya sangat sederhana
1/4kg kerang kupas, saya kurang tahu jenis kerang apa ini.
Tusuk sate

Bumbu yg dihaluskan
6 siung Bawang merah
3 siung Bawang putih
Cabe rawit *sesuai selera
Cabe merah besar
1/2 sdt Ketumbar
2 biji Kemiri

Tambahan
2 lembar daun salam
1 ruas Lengkuas
4 sdm Kecap manis
Garam gula

Cara bikinnya simple, tumis semua bumbu yg dihaluskan bersama daun salam dan lengkuas..klo sudah harum, masukkan kerang yg sudah dibersihkan. Tambahkan sedikit air, kecap manis, garam dan gula.
Masak sampai air menyusut dan habis..

Angkat dan dinginkan. Ambil kerang dan tusuk satu persatu di tusuk sate atau batang lidi..kemudian panggang diatas wajan anti lengket atau bisa dipanggang diatas arang...

Sajikan hangat...
Rasanya pedas dan manis...aromanya khas...