Monday, November 24, 2014

STEAK IKAN NILA *ResepRumahan*




Suami saya bukan penggemar ikan *padahal saya doyan ikan huehuehue*
, bukan bener2 gak mau sebetulnya. Cuma mungkin bosan karena mulai kecil selalu ada laukbikan dirumah karena memang punya kolam ikan. Dan lagi beliau enggak suka dengan bau tanah yang kadang masih nempel dii kant awar. Klo ikan laut hoke hoke aja asal gak anyir katanya.

Berhubung Suami minta sarapan pakai kentang, saya jd bingung mau dipasangin sama apa.
Keinget punya fillet ikan yang rencananya mau dibuat ikan goreng tepung buat nonik, saya coba buat untuk ayah,,berharap mau dan gak bau anyir ato bau tanah *crossfinger*

Sebetulnya ini mirip ikan goreng crispy, tapi sok2an bilang steak biar keliatan keren n berkelas hahahah *apaseeh*..

Bahan
? Ikan Nila di fillet *ambil bagian dagingnya* direndam dgn bawang putih sedikit garam dan merica yg dihaluskan
Sebetulnya bisa ikan apa aja menurut saya, klo di waroeng steak bahkan ada cumi juga disiram pakai saus steak..tergantung selera saja.
?Sayuran apa saja yang disuka, di rebus dgn sedikit garam. Saya pakai wortel dan kentang, kebetulan ada di kulkas.

Bahan celup basah
2sdm Tepung terigu
2 siung bawang putih yg dihaluskan
garam
merica
Di aduk dan ditambah sedikit air sampai kental.

Bahan celup kering
4 sdm ato lebih Terigu,
1/4 sdt baking powder,
1sdm maizena,
garam dan merica halus

Ikan yg sdh dibumbui di masukkan dalam tepung basah, lalu pindah ke bahan tepung kering. Sedikit diremas lalu goreng dgn minyak panas dan api sedang. Sisihkan

Bahan saus
Haluskan bawang bombay, bawang putih
Lalu tumis dengan margarin, tambahkan saus tomat, saus sambal bila suka dan 2sdm kecap manis, tunggu sampai harum, tambahkan air tunggu mendidih tambahkan tepung terigu untuk mengentalkan. Bumbui dgn garam dan merica bubuk.

Tata ikan dan sayuran lalu siram dengan saus..
Sajikan hangat..mirip2 steak kan? Hehehe..
Selamat mencoba