Saturday, November 15, 2014

Martabak Telur





Yaaaa...siapa sih yang gak doyan martabak yg satu ini.. pasti jadi favorit, mau cuaca dingin, mau cuaca panas..martabak tetep menu yg cocok buat temen nonton TV.
Apalagi saya, paling doyan sama menu yg satu ini, mungkin ketularan ibu saya yg dulu gemar beli martabak telur.
Di Malang, sebelum kami pindah dirumah yg ditempati sekarang. Kami punya langganan, kayaknya siiiih.. org2 sekampung saya juga klo beli pasti di bapak itu...gak sampe antri panjang, tp..gak pernah sepi pembeli..namanya pak Haji Maksoem..
Top markotop lah rasanya...
Awal dijambi, 3th yang lalu ag sulit utk menemukan penjual martabak telor yg murni isi telor karena dijambi didominasi sama martabak india yg isinya kentang ...hadeeew..
Saya kapoklah beli maryabak india, karena dasarnya saya jg gak begitu doyan makan kentang rebus..ini cara makannya dicocol sama kuah kari kental..
Jadi kebayang eneg nya, apalagi wkt beli saya lagi hamil, jd cm icip sedikit trus bye bye sm martabak itu...dan setelahnya gak pernah beli2 lagi hahaha
Sampe nemuin penjual martabak telur yg ternyata pendatang dr jawa dan baru mulai usahanya di jambi. Jadi langganan deh..sampe akhirnya kami pindah rumah, dan agak kejauhan klo mau beli martabak.
Martabak saya ini yg ke 2 dalam bulan ini, yg sebelumnya hasilnya lebih enak krn pakai bumbu instant indof**d yg kare.
Kebetulan bikin kare ayam, trus diambil dikit kuahnya buat campuran martabak...dan hasilnya enyaaaaaakkk...
Walopun gak sukses bikin kulitnya..
Klo yg saya bikin kali ini juga bukan yg sukses, krn kulitnya masih terlalu tebal dan jumlah irisan daun bawangnya kurang banyak *maklum kehabisan*.

Saya juga pernah gagal bikin martabak, krn waktu merendam adonan kulitnya mepet bgt. Gak sampai setengah jam. Walhasil, gak mau melar si adonannya..jadi diakalin dgn membagi 2 adonannya..dilebarkan Mulai digoreng, masukkan telur kemudian tutup sm adonan kulit satunya hohohoho....lumayan ancurrr...*malu2 nunjukin ffotonya*



Lupakan yg ancur, buat yg sukses ini bahan2 yg saya pakai,
Kulit :
200gr Tepung terigu protein tinggi **merkcakra
Garam secukupnya
2sdm telur yg sdh dikocok lepas
3sdm minyak
air secukupnya
??? semua bahan dicampur, diuleni sambil ditambah air sedikit demi sedikit sampai kalis. Rendam dalam minyak selama 1-2jam, lebih lama lebih baik

Isian :
3 butir telur
1/2 sdt Bubuk Kari, atau bisa pakai bumbu jadi merk indofood *enak dan rasa pas banget
50gr Daging sapi, direbus sebentar kemudian dicincang kasar. Atau bisa dicincang dan ditumis dgn bumbu kare indofood.
5 atau lebih Daun bawang, rajang kasar. Lebih banyak lebih enak.
Garam dan merica bubuk.
Semua dicampur dan dikocok lepas..dik sebentar

Caranya mirip2 sama abang martabak telor biasanya. Cm krn tangan belum ahli, gak bisa dilempar2.
Adonan yg direndam lebih lama dia akan lebih lentur dan tidak mudah sobek saat di lebarkan.

Siapkan wajan lebar dgn minyak agak banyak, stlh panas baru masukkan adon kulit yang sudah dilebarkan. Langsung masukkan adon telur. Dan lipat2 pinggirnya sampai telur tertutup.
Siram bagian atasnya dgn minyak panas..gunakan api sedang..balik2 beberapa kali sampai kulit mulai kecoklatan dan telur matang.

Saya makannya pakai acar mentimun, cabe rawit hijau dan kebetulan punya cuko nya pempek...lengkap sudah...
Selamat menikmati...