Wednesday, November 19, 2014

Tekwan Kakap ala Reena




Aahh...sebelum nanti dibaca sama pembuat tekwan profesional *kePDan* dan diprotes habis2an..saya antisipasi membuat judul dengan embel2 "ala reena" ..kenapa oh kenapa....
Karena saya sendiri enggak tau pasti resep tekwan yang asli, banyak resep2 yang beredar dan berbeda2 pula.
Klo yang saya buat ini bumbunya kurang lebih sama dgn yang umum..
Tapi isinya berdasarkan pengalaman makan tekwan pertama kali dijambi, yg isinya lumayan komplit, soalnya setelah kedua dan sampe kesekian kali lagi makan tekwan..gak ada yg sekomplit yang pertama kali saya makan dulu.
Itu juga nemuin warungnya gak sengaja, habis berpetualang sama suami mau beli motor second di dealer seminggu setelah sampai di jambi, sampe kelaperan n iseng2 nyobain makan tekwan.
Sampe sekarang pun rasanya masih "nyantol" diingatan saya..tapi sayangnya saya sama suami coba2 cari warungnya udah gak nemu lagi. Tepatnya gak inget tempatnya..soalnya waktu itu qta juga blm tau jalan di jambi, jd iseng muter2...
Tadinya mau saya kasih bengkuang...lha dilalah bengkuang di kulkas ternyata sudah saya pensiunkan tadi pagi gara2 mukanya kisut. Padahal dari kemarin2 sudah diniatkan untuk bikin tekwan tapi gak sempat2.
Nah akhir2 ini kami sudah jarang makan tekwan, kecuali kalo suami tiba2 manggil Mang Mamat buat pijet, sekalian mesen bawakan tekwan. Karena dia penjual tekwan keliling merangkap tukang pijat andalan suami. Tekwan yang dijual tukang tekwan keliling cukup sederhana, lebih mirip bakso sih..
Cuma pakai adonan tekwan, bihun sama potongan timun..sudah, begitu saja...per porsinya 7rb..itu 3th yang lalu, gak tau sekarang sudah naik apa belum.

Nah tekwan ala saya ini, bahan dan bumbunya..
Bahan
?? Tekwan
ikan giling + bawang putih halus+garam+telor+sedikit gula dan air. Semua diaduk lalu tambahkan sedikit sagu. Utk 250gr ikan giling saya pakai 150gr tepung sagu.
Ambil sedikit adonan, bisa dengan sendok lalu masukkan ke air yg mendidih sampai mengapung. Sisihkan
**saya pakai pempek yang siap sedia di kulkas, saya potong2 kecil2, daripada ngadon lagi hehehe**

?? pelengkap
�Bihun, rendam dalam air panas sampai layu. Tiriskan..
�Jamur kuping, potong kasar
�Bunga sedap malam **saya beli di mall yang sudah dikeringkan, atau dibuat asinan** direndam di air panas
�Bengkuang potong korek api **saya skip
�Timun
�daun seledri, rajang halus
�bawang goreng

?? Kuah
Bumbu yang dihaluskan, bawang putih goreng utuh lalu haluskan
Karena saya tidak pakai penyedap, ataupun MSG, untuk kaldunya saya buat dari kepala udang, nanti dikuahnya juga saya masukkan udang untuk menambah aroma.

Masukkan bawang ke dalam air, lalu didihkan, setelah mendidih masukkan tekwan, garam, gula biarkan sampai bumbu meresap.
Matikan
Tata bahan2 tambahan di dalam mangkok, lalu siram dengan kuah tekwan, taburi dengan daun seledri..
Lengkapi dengan cuko pempek atau sambal cabe hijau.
Sajikan hangat2 yaaa..nikmatnya klo pas lagi hujan..